Melalui kegiatan yang dilakukan di Divisi Teknik Bioinformatika mahasiswa memiliki kemampuan yang baik dalam mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras pendukung sistem informasi. Saat ini terdapat banyak riset yang telah dikembangkan oleh mahasiswa terkait bidang terapan Informatika pertanian. Riset yang dilakukan oleh mahasiswa meliputi topik yang berkaitan dengan sistem informasi, sistem informasi geografi, remote sensing, komputasi cerdas, komputasi paralel, aplikasi sistem pakar, aplikasi sistem konsultasi, decisison support system dan aplikasi-aplikasi informatika pertanian lain.

Berikut adalah topik-topik penelitian mahasiswa TBI tahun 2015 – 2016 :

  1. Pengembangan sistem pemasukan data berbasis SMS Push Android pada sistem informasi produksi tanaman pertanian (Nugroho Harso Yuono dibimbing oleh Dr. Ir. Mohamad Solahudin)
  2. Rancang bangun aplikator herbisida presisi berbasis sensor RGB (Fadel Nugraha Sumarna dibimbing oleh Dr. Ir. Mohamad Solahudin)
  3. Deteksi perubahan pola penggunaan lahan sawah di Jawa Barat menggunakan citra MODIS dengan metode Moving Average dan Autokorelasi (Kreshna Dwi Nugroho dibimbing oleh Dr. Liyantono)
  4. Deteksi perubahan lahan pertanian di Jawa Tengah dengan menggunakan transformasi Fourier (Adi Widyatmaji dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Pramudya).

Leave a Comment